Selasa, 29 Mei 2012

PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU DAN SISTEM


1.     Pendidikan sebagai ilmu
Objek Pendidikan        :
·         Objek material ilmu pendidikan adalah perilaku manusia.
·          Objek formalnya adalah menelaah fenomena pendidikan dalam perspektif yang luas dan integrative.
Metode Pendidikan      :
·         Metode normative, berkenaan dengan konsep manusiawi yang diidealkan yang ingin dicapai.
·         Metode eksplanatori, berkenaan dengan pertanyaan kondisi, dan kekauatan apa yang membuat suatu proses pendidikan berhasil.
·          Metode teknologis, berkenaan dengan bagaimana melakukannya dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan.
·          Metode deskriptif, fenomenologis mencoba menguraikan kenyataan-kenyataan pendidikan dan lalu mengklasifikasikannya.
·         Metode hermeneutis, untuk memahami kenyataan pendidikan yang konkrit dan historis untuk menjelaskan makna dan struktur dan kegiatan pendidikan.
·         Metode analisis kritis, menganalisis secara kritis tentang istilah, pernyataan, konsep, dan teori yang ada dalam pendidikan.

Sistematika Pendidikan         :
·         Pendidikan sebagai gejala manusiawi, dapat dianalisis yaitu adanya komponen pendidikan yang saling berinteraksi dalam suatu rangkaian keseluruhan untuk mencapai tujuan. Komponen pendidikan itu adalah :
·         (a) tujuan pendidikan, (b) peserta didik, (c) pendidik, (d) isi pendidikan, (e) metode pendidikan, (f) alat pendidikan, (g) lingkungan pendidikan.
·         Pendidikan sebagai upaya sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan manusia. Menurut Noeng Muhadjir sistematika ini bertolak dari fungsi pendidikan, yaitu : (a) menumbuhkan kreatifitas peserta didik, (b) menjaga lestarinya nilai insani dan nilai ilahi, (c) menyiapkan tenaga produktif.
·          Pendidikan sebagai gejala manusiawi. Menurut Mochtar Buchori ilmu pendidikan mempunyai 3 dimensi : (1) dimensi lingkungan pendidikan, (2) dimensi jenis-jenis persoalan pendidikan, (3) dimensi waktu dan ruang.
2.     PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM
Input Pendidikan                   : Pendidik, peserta didik, dan tujuan pendidikan
Proses Pendidikan        : Tujuan dan prioritas, pengelolaan (mengkoordinasi dan mengevaluasi sistem), struktur dan jadwal , isi (apa yang akan diajarkan ), alat bantu belajar, fasilitas, teknologi, pengawasan mutu, penelitian, dan biaya.
Output Pendidikan       : pekerja dalam sektor ekonomi, pemimpin dan pembaharu, penyumbang pada kebudayaan, pekerja yang professional dan berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar