Selasa, 08 Mei 2012

PENDIDIKAN KREATIF UNTUK KEMAJUAN BANGSA

Pendidikan Kreatif Fondasi Kemajuan

Oleh : Khotibul Umam


Pada zaman modern ini, seseorang tidak hanya di tuntut untuk pandai saja, melainkan juga dibutuhkan adanya sebuah kreativitas. Barangkali kita tidak bisa hanya menyalahkan masyarakat yang bebal, tidak mau berpikir kreatif serta bagaimana agar bisa mandiri dengan kemampuannya sendiri.
Namun, kita hendaknya juga bisa menilik bagaimana proses pendidikan di Indonesia, yang tidak mengajarkan tentang bagaimana agar mampu berpikir kreatif dan menciptakan sesuatu. Hingga kini, orientasi pendidikan di Indonesia lebih cenderung untuk mencetak para tenaga kerja baik di perusahaan-perusahaan, maupun instansi-instansi swasta dan pemerintah. Kemudian, pola pendidikan di negara kita itu tidak mengarah kepada bagaimana menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan. Di antara sebabnya adalah belum adanya budaya meneliti dalam dunia pendidikan di Indonesia,tidak seperti yang terjadi di negara-negara maju semisal Jepang, China,Korea, dan Amerika Serikat. Di negara-negara maju tadi, interest untuk menjadi seorang peneliti dan menciptakan sesuatu sangatlah tinggi.Ini bisa dilihat dari beraneka ragamnya teknologi buatan negara maju yang sangat kita rasakan manfaatnya, seperti pesawat terbang, komputer. Dan juga sesuatu yang digemari oleh anak-anak,seperti robot,film,dan komik kartun. Di negara-negara maju, sistem pendidikan yang digunakan hanya bertumpu pada teori. Tidak seperti di Indonesia yang pendidikannya membutuhkan waktu yang panjang dan proses yang rumit.Tak heran jika SDM di negeri kita terkesan pasif dan kurang terangsang untuk bercipta. Seperti lagu Sherina feat Ello, Ayo Indonesia Bisa, kita harus mampu menunjukkan bahwa Indonesia mampu dan bisa,karena Indonesia memiliki aneka ragam budaya yang tidak dimiliki negara lain.
Pendidikan yang bermutu, berkualitas, dan mampu merangsang daya kreativitas merupakan kebutuhan mendasar bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini demi memajukan mereka sebagai sang pembelajar yang mengemban amanat bangsa. Alhasil, kreativitas akan mengantarkan seseorang menjadi pionir perubahan yang mampu menyibak masa lalu yang kelam menuju masa depan yang gemilang. 
(Sumber: Seputar Indonesia, 17 Desember 2011).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar