LIFE SKILL

Keterampilan hidup Untuk  Remaja  (Life skills)
Sebagai Seorang remaja kita di tuntut untuk dapat hidup mandiri. (Bukan MANDI sendiRI hks…)karena secara langsung kita akan  menjalani liku-liku kehidupan ini. Oleh karena itu Sebagai  remaja Kita di tuntut untuk mempunyai Keterampilan Hidup.

Apa Itu Keterampilan Hidup ?
Keterampilan hidup adalah kemampuan dan keberanian untuk menghadapi dan mengatasi masalah dan kesulitan dalam hidup kita sehari-hari.


Apa Tujuan Keterampilan Hidup?
Tujuan dari keterampilan hidup adalah agar kita bisa melindungi  diri dari berbagai resiko dan ancaman sehingga kita bisa hidup  dengan baik untuk mencapai cita-cita.
 Keterampilan hidup berasal dari sikap dan Kemampuan Untuk :

1. mengambil keputusan, yaitu mengetahui dan memilih perilaku2  dan cara2 tertentu untuk menghindari risiko atau bahaya yang  mempengarui hidup & kesehatan kita. Contoh: Memilih untuk  tidak ikut2tan merokok seperti teman2 lain dari pada harus  sakit paru2 kalau dewasa. 

2. memecahkan masalah, adalah mencari tahu apasaja yang  menyebabkan terjadinya suatu masalah dan bila sudah tahu bisa  menghindarinya.Contoh : mencari tahu apa yang menyebabkan remaja bisa tertular HIV, dan setelah tahu menghindari cara2 yang  menyebabkan penularan HIV. 

3. berpikir kritis, yaitu berpikir mengenal hal2 apa saja yang mempengarui atau mendorong perilaku dan tindakan kita, dan juga  berfikir mengenai untung-rugi dari tindakan atau perbuatan yang  kita pilih.Contoh: remaja bisa berfikir kerugian apa saja yang bisa terjadi pada dirinya bila ia menggunakan obat2 bebahaya.

4. berpikir kreatif, yaitu kemampuan untuk memilih cara2 yang paling berguna atau menguntungkan untuk menjaga atau melindungi  diri. Cotoh : remaja menolak ajakan teman yang mengajak minum 
alkohol.

5  berkomunikasi dengan efektif,yaitu kemampuan dan keberanian untuk mengatakan apa yang kita pikirkan,rasakan dan inginkan dengan cara yang tepat dan terus terang kepada orang lain. 
Contoh : remaja dapat bertanya mengenai terjadinya kehamilan  kepada orang tua atau guru secara wajar. Remaja berani menolak dengan tegas dan terus terang bila ada orang yang mau memegang2  tubuhnya.

6. membina hubungan,yaitu menjaga dan mengusahakan agar hubungan dengan keluarga, teman dan orang2 selalu selalu positif dan  menyenagkan.Contoh : remaja bisa memilih untuk bergaul dengan teman2 yang tidak membahayakan.

7. menyadari diri, yaitu kemampuan untuk mengenali kelebihan dan kekurangan, kebutuhan dan keinginan serta sifat2 diri sendiri. Contoh: remaja memikirkan cita-citanya dan tahu apasaja yang  bisa dilakukannya untuk mencapai cita2 itu.Remaj tahu kapan dia senang atau sedih dan bisa menjaga  agar kesenangan atau kesedihannya tidak berlebihan  dan membuatnya sakit.

8. berempati, yaitu berusaha mengerti perasaan dan pikiran orang lain.Empati bisa membantu remaja mengerti dan menerima  orang lain yang berbeda dengan dirinya. Dengan begitumaka  hubungan kita dengan orang lain menjadi lebih baik dan  menyenangkan.Contoh : mengerti penderitaan orang yang yang  sakit AIDS. Karena mengerti maka kita memperhatikan dan tidak  mengucilkan teman yang sakit AIDS.

9. mengendalikan emosi, adalah mengendalikan perasaan-perasaan yang ada di dalam diri kita seperti rasa marah,sedih, benci dll. yang mempengaruhi perilaku kita. karena kenal maka kita bisa mengendalikan perasaan tersebut. Kalau perasaan2 itu dibiarkan terus menerus maka kesehatan kita terganggu. Contoh :daripada marah dan mengurung diri lebih baik olah raga sampai lelah lalu 
tidur.

10. mengatasi stres,adalah tahudan sadar bahwa kita sedang merasa tertekan/stres, mencari penyebabnya, lalu mengurangi stres itu dengan cara yang tepat. stres yang berlebihan kita tidak bisa berbuat apa-apa yang seharusnya kita lakukan. Selain itu stres berlebihan bisa membuat kita sakit. Contoh : dari pada tertekan terus karena ulangan di sekolah hasilnya buruk,lebih baik cari cara belajar lain yang lebih menyenagkan.

Sumber : winaraku.wordpress.com